Cara Melepaskan Lobster dari Cangkangnya

Lobster adalah makanan laut favorit sepanjang masa dengan kebanyakan orang, dan banyak hidangan yang menggunakan lobster mengharuskan daging dikeluarkan dari cangkangnya. Berikut adalah beberapa tip praktis saat Anda menyiapkan hidangan lobster di rumah.

Cara awal untuk menyiapkan lobster, yang seharusnya masih hidup, adalah dengan mencengkeram punggungnya dengan kuat, segera terjun, kepala dulu, ke dalam ketel air mendidih dengan cepat, dan kemudian menenggelamkan sisa tubuh. Pastikan untuk memiliki cukup air untuk menutupi lobster sepenuhnya. Rebus dengan cepat selama 5 menit; lalu turunkan api atau angkat ke bagian kompor yang lebih dingin dan masak perlahan selama 1/2 jam. Angkat dari air dan biarkan dingin.

Setelah disiapkan dengan cara ini, lobster bisa disajikan dingin atau mungkin digunakan dalam pembuatan aneka masakan yang dibuat. Jika digunakan tanpa persiapan lebih lanjut, sering kali disajikan dari cangkangnya, yang biasanya terbelah terbuka. Mayones atau beberapa saus lainnya umumnya disajikan dengan lobster. Daging dikeluarkan dari cangkang dengan garpu kecil seperti yang dimakan.

Untuk menghilangkan lobster dari cangkangnya, pertama-tama cabut dua cakar besar dan empat pasang cakar kecil, dan hancurkan ekornya dari tubuh. Kemudian dengan menggunakan gunting, potong satu celah seluruh panjang kulit yang menutupi bagian bawah ekor dan lepaskan daging di dalam ekor secara keseluruhan dan utuh.

Saluran intestinal, yang dapat dengan mudah diamati, akan ditemukan tertanam dalam potongan ini dan menjalankan keseluruhannya. Slash daging dan menghapusnya. Selanjutnya keluarkan daging tubuh dari cangkangnya, hanya mempertahankan bagian yang tampak berserat, seperti daging ekor.

Perut, sebaiknya tidak dikeluarkan dari cangkangnya. Namun, perawatan harus dilakukan untuk mendapatkan seluruh daging di sekitar tulang di bagian tulang lobster. Zat karang, yaitu lobster lobster, juga harus dibuang, karena bisa digunakan untuk hiasan.

Dengan daging yang terlepas dari cangkangnya, lanjutkan untuk mengeluarkan daging di cakar. Break membuka cakar besar, menggunakan kerupuk kacang atau palu kecil untuk tujuan ini, dan keluarkan daging yang dikandungnya. Jika cakar kecil itu digunakan untuk hiasan, seperti yang sering dilakukan, keluarkan daging tanpa membelahnya; jika tidak menghancurkan mereka seperti dalam kasus yang besar. Demikian artikel ini dipersembahkan untuk anda, bila berkenan, 

Cara Mengolah Lobster 

Warung makan seafood telah banyak bertebaran di setiap penjuru kota menawarkan aneka ragam olahan dari berbagai hewan laut yang menggugah selera.

Tidak jarang para pemburu makanan Seafood ini rela berkeliling- keliling kota untuk mencari restaurant atau tempat makan mana yang menyajikan olahan makanan yang paling mengena di lidah dan pas di kantong.

Diantara yang banyak di cari adalah olahan seafood yang berbahan dasar hewanjenis lobster, yupsss lobster memang tiada duanya, gurih dan kenyal dagingnya.

Namun hewan jenis ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi apabila telah disajikan dalam bentuk hidangan, tidak jarang para pemburu makanan seafood haruslah merogoh kocek dalam- dalam untuk bisa menikmati hewan yang menyerupai udang ini.

Eittss, jangan hawatir dahulu.  Salah satu cara untuk dapat menikmati olahan lobster adalah dengan cara membeli dan mengolah lobster tersebut di rumah kita atau bisa juga Oncomers semua membudidayakan lobster tersebut hehe.

Dengan memasaknya sendiri di rumah Oncomers semua bisa berkreasi apakah akan menjadikan lobster asam manis, bumbu saus tiram atau hanya cukup dengan menggorengnya saja juga akan terasa enak

Namun yang sering menjadi kendala ketika hendak membeli lobster adalah ke tidak tahuan kita akan kualitas lobster yang bagus untuk di jadikan olahan makanan. Atau kesulitan dalam membersihkan dan membuka setiap daging lobster yang diselimuti oleh lapisan cangkang yang keras.

cara membersihkan lobster  memasak

Nah berdasarkan permasalahan tersebut disini Oncoman akan memberikan jurus jitu untuk bisa memilih kualitas lobster yang bagus untuk dijadikan olahan masakan berikut cara dalam membuka cangkang dari lobster tersebut.

Dan inilah jurus- jurusnya :

Jurus Pertama, Cara Memilih Lobster yang Berkualitas Josh !!!

cara mengolah lobster yang baik

Dalam memilih lobster yang bagus bukanlah perkara yang mudah semudah membalikan kedua telapak tangan :p. Banyak hal yang bisa menylitkan Oncomers semua ketika akan memilih milih kemudian membeli lobster yang berkualitas.

Ini dikarenakan untuk membedakan kualitas lobster bagus dan tidaknya sangatlah sulit untuk dibedakan.

Akan tetapi bukankah dimana ada keinginan disitu pasti akan ada jalan? nah ternyata ada jalan yang bisa memudahkan kita dalam memilih lobster yang berkualitas.

Tentukan Pilihanmu ! Lobster Bercangkang atau Tidak.

Jika lobster yang Oncomers semua beli berasal dari pasar swalayan, maka akan di suguhkan dengan dua pilihan apakah mau lobster yang bercangkang atau lobster yang sudah di gagahi (tidak bercangkang):p ?

Lobster yang masih bercangkang tentulah akan ditemui kesulitan dalam cara membukanya dan ketika diolah pun sedikit sulit karena cangkang dari lobster tersebut begitu keras.

Namun biasanya lobster yang masih dalam keadaan bercangkang tanpa digagahi terlebih dahulu akan terasa lezat dan dagingnya pun masih padat.

Tapi jika pilihan Oncomers semua adalah lobster yang siap santap atau cangkangnya sudah dikupas, maka hal yang perlu di ingat adalah pilih daging lobster yang masih terlihat segar dan menggiurkan.

Biasanya lobster tanpa cangkang ini yang dipilih adalah cenderung yang masih muda dan dagingnya tidak terlalu banyak.

Pilih Jantan atau Betina.

Pemilihan jenis kelamin dalam menentukan kualitas lobster yang bagus cukup penting juga. Dari keduanya pun memiliki kelebihan masing- masing.

Biasanya dalam lobster betina terdapat telur yang sangat lezat dan bergizi untuk di santap. Sedangkan kelebihan dari lobster jantan adalah dagingnya yang lebih padat dan juga nikmat.

Cara membedakan lobster betina dan jantan bisa dilihat dari kedua capitnya. Terdapat tanda merah di kedua capit jantan sedangkan betina tidak ada.

Lobster jantan memiliki alat kelamin yang menonjol di pangkal kaki pertama (dari ekor ). Sedangkan alat kelamin lobster betina terlihat seperti lubang yang menjorok ke arah dalam.

Yang Bagus adalah yang Sering Bergerak.

Tanda dari kulaitas lobster yang masih segar adalah lobster tersebut masih aktip bergerak, terlebih pada bagian antenanya. Lobster segar mempunyai mata yang cenderung masih berkilau.

Hindari lobster yang sudah dalam keadaan lemas tanpa daya upaya atau terlihat tidak sehat, cangkang rusak, atau mata kelabu, lantaran dikhawatirkan keadaan lobster ini sudah terkontaminasi.

Dan yang paling penting adalah jangan memilih lobster yang ekornya sudah melengkung ke bawah, biasanya keadaan lobser ini sudah mati. Innalillahi wa Inna ilaihi roji’un.

Nah itulah tadi beberapa  jurus yang bisa Oncomers semua terapkan dalam memilih lobster yang akan kita jadikan menu masakan di rumah kita bersama keluarga.

Dan setelah Oncomers semua membeli beberapa lobster yang masih segar bugar kini saatnya untuk mengolah losbster tersebut menjadi olahan makanan yang sangat lezat. Namun untuk sampai kesitu terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah mengeluarkan daging lobster tersebut dari cangkang kerasnya.

Cara membersihkan dan membuka cangkagnya tidak boleh sembarangan karena bisa bisa daging lobster tersebut akan hancur apabila proses membuka dan mengeluarkan dagingnya salah.

Dan berikut jurus selanjutnya dalam membersihkan dan membuka cangkang keras lobster.

Jurus Kedua : Cara Membersihkan Udang Lobster.

cara mengolah lobster air tawar

Tidak mudah untuk bisa membersihkan lobster dengan tata cara yang benar, dalam prosesnya haruslah dilakukan secara hati- hati agar daging yang terdapat dalam tubuh lobster yang sebelumnya telah kita beli tidak hancur dan dagingnya tetap  padat, rasanya lezat

Peralatan yang di Butuhkan.

    1. Pisau
    2. Talenan
    3. Air es batu.
    4. Kain Lap.
    5. Mangkok.

 

Langkah Membersihkan Lobster.

Bunuh dengan cepat lobster tersebut, jangan sampai menyiksanya. Taruh lobster di talenan dan taruh telungkup. Usahakan Capit tidak mengarah kepada kamu dan gunakan kain untuk menutupi bagian kepala lobster tersebut.

Agar matinya  cepat, tusukan ujung pisau antara celah yang ada di kepala dan tubuh, arahkan ke kepala. Satu hal yang pasti meskipun lobster sudah mati tapi terkadang masih bisa bergerak dalam beberapa menit.

Biar nanti hasilnya bagus, bersihkanlah lobster dengan cepat dan sesegera mungkin memasaknya.

Alternatif Membersihkan Lobster.

Terdapat cara lain yang bisa digunakan untuk mempermudah pembersihan lobster yaitu dengan cara merebus lobster hidup dalam air mendidih.

Namun cara ini terlihat seperti menyiksa lobster tersebut, dengan cara ini juga dapat merusak kulit lobster, tapi cara terlihat begitu lebih mudah dan aman terhindar dari resiko capitan.

cara mengolah lobster membersihkan lobster

Membersihkan lobster dengan cara merebus adalah menenggelamkannya lobster ke dalam air panas yang mendidih di atas kompor yang masih menyala, biarkan sampai kulit dari lobster tersebut berubah warna menjadi merah terang. Setelah itu angkat dan secepat mungkin langsung masukkan ke dalam air es agar proses pematangan berhenti.

cara mengolah lobster membersihkan lobster

Langkah selanjutnya adalah membersihkan ekor lobster, caranya gunakan satu tangan untuk memegang lobster dan tangan satunya lagi untuk memutar bagian ekor. Setidaknya satu putaran sampai ekor lobster benar- benar terlepas dari bagian tubuh.

Pada saat melepas ekor maka akan muncul darah berwarna kehijauan, bersihkan cairan tersebut. Ambil dan buang bagian hi tam di ekor lobster yang merupakan sistem pencernaan. Jika yang Oncomers semua masak adalah lobster betina mungkin akan ditemukan telur, jangan sampai membuanngya karena rasanya enak.

Selanjutnya tergantung bagaimana Oncomers semua akan mengolah Lobster itu sendiri, apakah  ingin mengolahnya utuh atau perbagian bagian. Oncomers bisa memotong motong capit, antena dan kaki kaki lobster dengan memutarnya.

Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit/ cangkang lobster dengan menggunakan air bersih.

Mudah dan cepat bukan, kini Oncomers semua tidak akan kesusahan lagi dalam menyajikan hidangan yang berbahan baku lobster.

Selamat mempraktekannya yaa !!!

jika kalian sedang mencari kebaya yang mudah dan tidak ribet untuk digunakan cobalah model kebaya modern simple dari kebayadiva.com ini recomended banget deh pokonya.