4 Metode Memasak Paling Umum Dijelaskan

Memasak pada prinsipnya adalah proses atau pemberian panas pada bahan makanan sehingga bahan itu menjadi mudah dicerna, aman dan lezat serta mengubah bentuk penyajian.Untuk dapat menghasilkan hidangan yang baik secara kualitatif maupun kuantitatif, maka akan dibahas beberapa cara atau dasar-dasar pengolahan bahan makanan.

Jika Anda menyiapkan makanan dari resep, penting bagi Anda untuk memahami berbagai metode memasak. Ada beberapa istilah untuk berbagai cara memasak, sebagai berikut.

Dipanggang
Jika resep memanggil sesuatu untuk dipanggang, biasanya berarti dimasak dengan api terbuka atau panas. Memanggang dapat dilakukan dengan arang atau gas – pada barbeque misalnya – atau bisa dilakukan dengan menggunakan grill dari beberapa jenis pada kompor kompor Anda.

Broiled
Broiling menunjukkan memasak dengan mengekspos langsung ke sumber panas seperti nyala api atau elemen. Sebagian besar oven memiliki pengaturan “broil”, yang memanaskan elemen di bagian atas kompor dan bukan yang ada di bagian bawah, yang digunakan untuk memanggang.

Saat memanggang barang di oven, biasanya sebaiknya diletakkan di rak atas untuk memberi mereka paparan panas yang tepat.

Baca juga : tips cara melepaskan lobster dari cangkangnya secara mudah.

Goreng vs Deep Frying
Baik makanan penggorengan dan penggorengan masak dengan proses yang sama, namun metode ini sedikit berbeda dalam setiap kasus. Goreng bisa dilakukan di atas sumber panas apapun, seperti elemen kompor atau api terbuka. Minyak atau mentega dipanaskan dan makanannya dimasak dengan panasnya.

Penggorengan yang dalam, di sisi lain, juga melibatkan minyak tapi dalam kasus ini makanan benar-benar terendam minyak. Goreng dalam digunakan untuk makanan seperti kentang goreng, ayam buram dan donat. Akan sangat berbahaya, karena Anda berurusan dengan minyak mendidih, peralatan yang tepat dan tindakan pencegahan keselamatan harus digunakan.

Tumis
Sauteing melibatkan memasak makanan dengan cepat dalam jumlah sedikit lemak. Ini serupa dalam proses menggoreng, tapi karena jumlah lemak dan waktu memasak yang lebih sedikit, itu membawa rasa lebih kuat daripada keinginan menggoreng.

Mengetahui apa yang terlibat dengan berbagai persyaratan akan memudahkan perencanaan saat mengikuti resep. Anda akan tahu peralatan dan bahan apa yang Anda perlukan yang unik untuk setiap metode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *